Manfaat Buah Zaitun Dalam Kehidupan Saat Diolah Dengan Baik

By | Desember 23, 2023

Manfaat buah zaitun ternyata tidak hanya untuk diolah menjadi minyak tapi ternyata bisa diolah lainnya dan menjadi keuntungan bagi kehidupan. Zaitun adalah salah satu bahan pokok Diet Mediterania, yang terkenal dapat meningkatkan kadar kolesterol dan menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes. Koordinator Kelompok Riset Risiko dan Nutrisi Kardiovaskular di Institut Penelitian Medis Hospital del Mar di Barcelona, ​​​​Spanyol.

Kepatuhan terhadap diet Mediterania dikaitkan dengan jumlah trombosit dan leukosit yang lebih rendah. Namun, apa sebenarnya makanan asin dan montok yang menjadikannya bagian penting dari diet. Kami berbagi manfaat makan buah zaitun dan mengapa menambahkannya ke dalam makanan adalah pilihan yang sehat.

Manfaat Buah Zaitun

Terdapat Manfaat Buah Zaitun Dengan Berbagai Kandungannya

Zaitun merupakan pembangkit nutrisi. Walaupun sebagian besar terdiri dari lemak, hal ini merupakan lemak tidak jenuh, tipe yang diketahui mempunyai manfaat kesehatan. Lemak tidaklah musuh, sebagian tipe lemak, semacam lemak dalam buah zaitun menjadi minyak zaitun, sesungguhnya menyehatkan jantung. Tidak hanya itu, buah zaitun pula memiliki nutrisi lain yang baik, tercantum vit E serta antioksidan zat yang melindungi sel dari kehancuran.  Inilah manfaat buah zaitun untuk kesehatan tubuh, yaitu :

1. Banyak Akan Antioksidan

Zaitun baik hitam atau hijau dengan kaya akan Vitamin E dan polifenol yang merupakan antioksidan kuat. Singkatnya, antioksidan adalah senyawa ampuh yang melawan radikal bebas dalam tubuh, sehingga dapat membantu melindungi sel dan mencegah penyakit kardiovaskular dan kanker. Antioksidan juga membantu melindungi sistem kekebalan tubuh, membantu menghindari penyakit dan menjaga tetap sehat seiring bertambahnya usia. Vitamin E larut dalam lemak artinya lebih baik diserap ke dalam aliran darah bila dikombinasikan dengan lemak seperti dalam paket kecil zaitun sempurna yang dirancang secara cerdik oleh alam.

2. Penuh Dengan Lemak Sehat

Zaitun kaya akan lemak tak jenuh yang termasuk lemak sehat dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan berpotensi menurunkan peradangan pada tubuh. Efek metabolik dan vaskular dari diet Mediterania. Lemak inilah yang diekstraksi untuk menghasilkan minyak zaitun yang kita semua kenal dan sukai sebagai salah satu cara paling sehat untuk mendandani salad atau semangkuk pasta.

3. Peningkatan Zat Besi

Ini khusus untuk buah zaitun hitam, termasuk Kalamata. Buah-buahan kecil berwarna gelap itu mengandung zat besi dalam jumlah yang baik, nutrisi penting yang membantu membawa oksigen ke darah. Kekurangan zat besi cukup umum terjadi pada wanita dan bisa menjadi penyebab merasa lelah, pusing, atau tangan dan kaki dingin. Hanya 100 gram buah zaitun menyediakan sekitar 16 persen dari jumlah harian yang direkomendasikan untuk wanita berusia 19 hingga 40 tahun.

4. Ditambahkan Serat

Manfaat memakan buah zaitun utuh dan bukan hanya minyaknya adalah mendapatkan dosis tambahan serat makanan. Dapat membantu tetap kenyang dan sistem pencernaan berjalan lancar. Jumlahnya memang tidak besar, tapi kami akan mengambil alasan apa pun untuk menaburkan sedikit rasa gurih itu ke piring kapan saja.